Sabtu, 17 Juli 2010

sedikit tanya jawab tentang kerusakan tv

tanya:
mau tanya sedikit nih…. saya tertarik dengan pembahasan tabung CRT…. kalau filamen lampu di tabung CRT kita kasih tegangan maka lampu filamennya akan menyala… pertanyaannya: apakah dengan memberikan tegangan ke filamen maka akan keluar tegangan juga di kaki pin RGB pada tabung monitor? kalu keluar berapa volt tegangannya? trus ada ga alat yang bisa deteksi kerusakan tabung monitor?
thx b4…
jawab:
klo kaki filamen kita kasih tegangan(max 5Volt) kaki-kaki dari katoda tidak keluar tegan tapi, hambatan di kaki tersebut menjadi berkurang. maksudnya… bila kaki filamen sebelum dikasih tegangan hambatan yang ada di kaki katoda tsb terhadap Ground bila di ukur pakai multi meter, jarum multi meter tidak bergerak (hambatanya Besar) tapi bila kaki filamen kita kasih tegangan, jarum multi meter akan menunjukkan nila 20-30 K Ohm bila CRT dalam keadaan normal atau baik.
klo alat untuk cek CRT saya belom pernah lihat, saya ngecek CRT masih pakai multimeter atau dilihat visual saja.
terimakasih.
tanya:
mas saya mau nanaya saya punya tv goldtar poer mati lampu standby mati pakai ic str 6707 udah diganti
kira2 apa yah mohon penjelasan
jawab:
yang rusak ada dibagian sapuan vertical. lebih spesifik biasanya di penguat vertical. bagian ini dapat ditelusuri dari rangkaian yang terhubung dengan defleksi vertikal (kumparan yang nempel di CRT, kawat yang kecil/bukan yang besar)
ada yang menggunakan komponen aktif transistor(jaman dulu) ada yang menggunakan IC(Integrated Circuit). untuk IC biasanya harganya tidak sampai 50rb rupiah.
tanya :
mas saya mau nanya nih aku punya tv merk oke mati total lampu stand by nggak nyala B+ udah keluar 115 keluar sampai ke flyback tapi lom mau nyala lampu standby nya apa ke protec ama ic hb-09-01(rusak) mohon penjelasan dari bapak tr horisontal bagus lho elco udah diganti daerah power suply ama dekay horisontal
dari rahmad
jawab:
coba cek tegangan kaki flyback ( tegangan rendah) bila tegangan rendah dari flayback belum keluar, bisa dimungkinkan flayback rusak atau rangkaian Horizontal output lom bekerja. ini bisa disebakan karena osilator horizontal lom kerja. coba di telusuri apakah osc holisantor sudah bekerja ato belum, apabila rangkaian osc horz ada dalam IC, cek apakah tegangan catu untuk IC itu ada apa tidak. klo tegangan catu IC itu sudah normal, dimungkinkan IC itu yang rusak.
tamya :
pak saya mau nanya !
saya kan punya TV merk SONY tapi jika dihidupkan tidak mau menyala sama sekali !
padahal lampu indikator sudah menyala !
tapi biasanya setelah saya tunggu kira – kira 30 mnt TV dapat saya hidupkan.
tapi setelah beberapa menit ( sekitar 20 mnt / 30 mnt ) TV tersebut mati sendiri !
tolong kasih tau kerusakan pada TV saya tersebut itu ya pa !
jawaban saya tunggu ! nanti kalau bisa dikirim ke via e-mail saya !
ini e-mail saya ach_zain95@yahoo.com !
terima kasih atas tumpangan pertanyaan saya !
jawab :
kerusakan yang demikian bisa disebabkan oleh retaknya solderan/patrian di bagian power/AC matic/bagian horizontal . bisa juga kerusakan kondensator dibagian power/AC matic/bagian horizontal. keringnya kondensator (elco) biasanya ditandai dengan fisik kondensator (elco) yang membengkak di bagian atasnya. untuk retaknya patrian/solderan memang memerlukan ketajaman dan ketelitian mata untuk memeriksanya. biasanya saya langsung menyolder ulang semua bagian (block) yang dicurigai. ini akan lebih efektif daripada kita harus meneliti satu2 solderan kaki komponen yang retak
tanya:
pak mao tanya nih, tv hanya muncul raster garis horizontal sj, dah di cek blok vertical n IC TDA 4661 ganti baru n beberapa resistor dan elco di sekitar IC tsb, namun tv on tetep garis horizontal, cek bag Yoke ada gosong spt hangus terbakar, apakah itu penyebabnya sehingga tv tidak muncul raster spt semut2 atao bgm menurut Bapak ?mohon penjelasan pak? thx
jawab :
untuk kerusakan di bagian defleksi yoke (vertikal),kebetulan saya belom pernah menemui. karena jarang sekali. biasanya kerusakan yoke terjadi di defleksi horizontal.defleksi horizontal terletak di bagian dalam kumparan(kawat besar) sedang defleksi vertikal ada di sisi luar (kawat kecil) . untuk kasus punya anda,dimana yoke yang gosong?
kalo dibagian vertikal out, anda sudah mengganti condensator dan IC dan hasilnya sama, coba dulu cek dan pastikan tegangan catu IC tersebut sudah normal. bisa jadi tegangan kerja IC tersebut belum sampai ke IC vertikal output.
kemungkinan yang lain, pada saat anda melakukan penggantian IC vertikal output,anda menyentuh saklar service,pastikan posisi di “normal” saklar ini biasa terdapat di tv national/panasonic.
sedang kemungkinan yang lain adalah kerusakan terjadi bukan pada bagian vertikal output,tapi terjadi pada bagian oscilator vertikal.
Ditulis dalam elektronika | Bertanda

Tidak ada komentar: